Kamis, 24 Oktober 2019

Pembangunan Terminal Bandara Mozes Kilangin Timika Dikebut

Pembangunan Terminal Lapangan terbang Mozes Kilangin Timika Dikebut

, Timika - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) lewat Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Unit Pengelola Bandar Udara (UPBU) Mozes Kilangin Timika sekarang mengebut pekerjaan gedung terminal penumpang lapangan terbang itu.

Simak juga: Jokowi Disuruh Dorong Pemercepatan Pembangunan Lapangan terbang TimikaPembangunan gedung terminal penumpang komersial Lapangan terbang Timika telah masuk step empat, kata Kepala UPBU Mozes Kilangin Timika, Sepyani Mahendra di Timika, Rabu, 14 November 2018.

Tahun ini, Kemenhub mengucurkan budget Rp 77 miliar (kontrak pekerjaan Rp 73 miliar) untuk pekerjaan kelanjutan pengerjaan dinding, pemasangan keramik, serta pemasangan kaca di lantai dua, pembangunan toilet, serta yang lain.

Gedung terminal penumpang komersial Lapangan terbang Mozes Kilangin Timika seluas 21 ribu mtr. persegi berkonstruksi dua 1/2 lantai itu gagasannya dioperasikan pada 2020 menyongsong acara PON di Propinsi Papua.

Kami masih optimis dengan tersisa waktu yang ada tinggal dua bulankarena itu pekerjaan step empat dapat usai sampai akhir tahun. Tiap dua minggu sekali kami tetap rapat dengan konsultan serta team perencana atau faksi kontraktor (PT Prasasti Konsorindo Jakarta) untuk meningkatkan faksi kontraktor dapat mengakhiri pekerjaan pas waktu dengan meningkatkan tenaga kerja, perlengkapan, serta yang lain, kata Mahendra.

Dia menyebutkan pekerjaan gedung terminal penumpang baru diawali seputar akhir Juli. Awalnya, UPBU Mozes Kilangin mengevaluasi pabrik di Jawa untuk memeriksa beberapa barang yang akan dikirim ke Timika apa telah sesuai standard yang dipersyaratkan.

Mengenai gedung terminal penumpang komersial Lapangan terbang Mozes Kilangin Timika (ada disamping selatan Lapangan terbang Timika sekarang) keseluruhannya kelak seluas 42 ribu mtr. persegi.

Satu bagian bangunan gedung terminal penumpang komersial dengan konstruksi sama seluas 21 ribu mtr. persegi diatasi oleh Pemkab Mimika lewat APBD ditempat.

Menurut Mahendra, pekerjaan gedung terminal penumpang Lapangan terbang Mozes Kilangin Timika sekarangdipantau Team Pengawal serta Pengaman Pemerintah serta Pembangunan Wilayah (TP4D) Kejaksaan Negeri Timika serta Kejaksaan Tinggi Papua.

Tidak hanya pembangunan kelanjutan gedung terminal penumpang, tahun ini Kemenhub membagikan budget Rp 22 miliar untuk pembangunan kelanjutan tempat parkir pesawat (apron) seluas 100x100 mtr. persegi. Apron itu nanti dipakai untuk memarkir pesawat-pesawat pelopor memiliki ukuran kecil yang layani penerbangan ke pedalaman Papua.

Mengenai tempat parkir pesawat yang telah terjaga disamping selatan Lapangan terbang Mozes Kilangin Timika keseluruhannya telah sampai 640x100 mtr. persegi yang nanti akan dipakai untuk memarkir pesawat memiliki badan lebar (empat pesawat).

Pekerjaan lain yang dikerjakan di ruang Lapangan terbang Mozes Kilangin Timika dengan sumber dana APBN yakni instalasi pemrosesan air serta penyediaan dan pemasangan jaringan listrik. Ke-2 pekerjaan itu menelan budget semasing Rp 9 miliar serta Rp 5 miliar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar